Ciri Ciri AIDS

Ciri Ciri AIDS – Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus atau jasad renik yang sangat kecil yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia terdapat sel-sel darah putih yang relatif cukup banyak, adapun fungsi sel darah putih berguna untuk melawan atau membunuh berbagai bibit penyakit atau kuman yang masu ke dalam tubuh manusia. Jadi, sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Ciri Ciri AIDS

Ciri Ciri AIDS

Jika seseorang terinfeksi oleh virus HIV, virus ini akan menyerang sel-sel darah putih, merusak dinding sel, selanjutnya masuk ke dalam sel dan merusak sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, sel-sel tubuh mengalami kerusakan dan lemah sehingga tubuh tidak mampu lagi melawan kuman atau bibit-bibit penyakit.

Acquared Immune Deficiency Syndrome (AIDS) dapat diartikan sebagai kumpulan tanda atau gejala penyakit akibat hilangnya atau menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. AIDS merupakan fase terminal akhir dari infeksi HIV. Akibat fatal dari seseorang yang terinfeksi HIV adalah dengan Ciri Ciri AIDS sistem kekebalan tubuhnya sangat riskan terhadap kuman atau bibit penyakit. Bibit penyakit yang tergolong ringan bagi seseorang, tetapi bagi penderita HIV merupakan masalah besar dan berat bahkan dapat menimbulkan kematian.

Ciri-Ciri AIDS HIV

Beberapa hari atau beberapa minggu setelah terinfeksi HIV, seseorang akan menjadi sakit dengan gejala mirip flu, yaitu dengan Ciri Ciri AIDS dan HIV:

Gejala ini akan berlangsung selama beberapa hari atau minggu, kemudian dengan sendirinya akan hilang.

Pada tahap selanjutnya timbul gejala-gejala sebagai berikut :

  • Demam berkepanjangan
  • Menurunnya aktivitas fisik sehari-hari (tubuh terus melemah)
  • Pembengkakan kelenjar di leher, ketiak dan lipatan paha
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Diare atau mencret terus menerus tanpa sebab gejala yang jelas
  • Batuk dan sesak nafas lebih dari satu bulan secara terus menerus
  • Kulit gatal dan bercak-bercak merah kebiruan.

Ciri Ciri AIDS tersebut memang tidak khas karena dapat juga terjadi pada penyakit lainnya. Namun demikian, gejala-gejala ini menunjukkan sudah adanya kerusakan pada sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan pendeita sangat menurun drastis. Pada tahap ini, penderita sangat mudah terserang penyakit lainnya, hal ini disebut infeksi oportunistik. Maksudnya adalah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur atau parasit. Pada tahap ini, pengidap HIV telah berkembang menjadi penderita AIDS. Gejala AIDS yang timbul adalah :

  • Radang saluran pencernaan
  • Radang saluran pernapasan dan paru-paru
  • Radang karena jamur dimulut dan kerongkongan
  • Kanker kulit
  • TBC
  • Gangguan susunan saraf

Pada umumnya, penderita AIDS akan meninggal dunia sekitar 2 tahun setelah gejala atau ciri-ciri AIDS ini muncul.

Pada penderita yang mempunyai ciri-ciri aids akut mempuyai peluang untuk menularkan penyakit aids dan bisa menjadi penular selama hidup mereka. Walaupun mereka merasa tidak sakit dan nampak sehat, namun penyakit hiv aids merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya karena sampai sekarang masih belum ada vaksin atau obat yang mampu mencegah serangan virus hiv aids. Dan selain itu juga pada mereka yang positif mengalami penyakit hiv aids akan merasakan tekanan mental menjadi stres dan depresi karena dikucilkan oleh lingkungan sekitarnya. Dan penderitaan akan menjadi semakin parah lagi dikarenakan biaya pengobatan yang semakin tinggi. Biaya dari ciri-ciri aids ini ditandai dengan sistem imunitas tubuh yang mengalami penurunan secara drastis. Sehingga serangan yang terjadi yang tidak berbahaya sekalipun akan menyebabkan penderitanya menjadi sekit dan bahkan bisa meninggal.

Selain itu, ciri-ciri aids pada wanita ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur. Siklus haid yang terjadi dengan singkat dan darah yang keluar akan lebih sedikit dari biasa. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri penyakit aids yang paling buruk untuk wanita karena akan membuat berat badan menurun dan merupakan salah satu tanda dari fase terakhir terjadinya infeksi. Sedangkan ciri-ciri aids pada anak-anak usia sekolah bisa ditandai dengan susah berkonsentrasi. Mereka menjadi susah untuk diajak berpikir, dan virus ini akan membuat pendnerita memberikan suatu efek pada syaraf dan otak. Gejala ini juga ditandai dengan gejala lebih mudah tersinggung dan lebih cepat marah. Sedangkan ciri-ciri aids pada kulit ditandai dengan kulit akan memerah dengan disertai munculnya bisul dan juga gata-gatal pada lengan dan didaerah lainnya. Sedangkan pada kuku, perubahan akan terlihat dengan warna kuku yang berubah menjadi warna biru keunguan.

Dan ciri-ciri aids pada orang dewasa adalah rasa lelah yang maksimal bahkan mengakibatkan terjadinya anemia atau kurang darah disertai dengan rasa lemah dan lesu yang merupakan awal dari gejala penyakit Hiv aids. Jika Anda melakukan pekerjaaan yang tidak terlalu berat dan merasakan kelelahan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter, waspadai ini merupakan salah sat gejala awal dari ciri-ciri aids.

Ciri Ciri AIDS


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Pengobatan Hiv/Aids, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita Hiv/Aids, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri-Ciri AIDS and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.